Beranda » Tugas » IMK » Skin Button

Skin Button

Pada awal kemunculan telepon genggam pertama sebagai alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel. Telepon genggam pertama beratnya mencapai hingga 2 kilogram. Namun tetap saja itu merupakan pencapaian yang luar biasa pada saat itu dan menjadi pencetus kehadiran telepon-telepon pintar sekarang ini. Pada perkembangannya ukuran telepon genggam menyusut karena tujuan awalnya merupakan alat bantu komunikasi yang mudah dibawa/fleksibel, sehingga semakin kecil dan ringan sebuah telepon genggam maka akan menjadi lebih mudah dibawa bepergian.

Setelah fungsi telepon genggam tidak hanya ditujukan untuk berkomunikasi (sms dan telepon) melainkan meliputi ranah hiburan (musik, gambar, video, internet, dll). Telepon genggam berkembang menjadi telepon pintar. Telepon pintar pertama memiliki fitur kalender, buku alamat, jam dunia, kalkulator, memo, e-mail serta game lalu ditambah juga dengan penemuan teknologi touchscreen. Hal-hal berikut menyebabkan pengembang telepon genggam membuat ukuran telepon genggam menjadi diperbesar kembali untuk melingkupi area-area tersebut, terutama bagian displaynya.

handphone

Dengan semakin canggihnya teknologi membuat perkembangan telpon genggam semakin pesat. Telepon genggam atau telepon pintar ini telah menjadi kebutuhan primer bagi seluruh lapisan masyarakat, karena berbagai fasilitas yang ditawarkan dan kemudahannya. Namun tentunya tujuan utama pembuatan telepon genggam tetap dipertahankan yaitu kemudahannya untuk dibawa kemana-mana alias bepergian. Tren membuat ukuran display yang semakin besar menjadi halangan dalam menjaga tujuan utama pembuatan telepon genggam.

Sans titre 2

Namun para pengembang teknologi Future Interfaces Group di Carnegie Mellon membuat suatu terobosan yang dapat menjadi solusi dari masalah tersebut. Mereka adalah Gierad Laput, Robert Xiao, Xiang Chen, Scott E. Hudson, dan Chris Harrison, para peneliti pada Intitut Interaksi Manusia dan Komputer Universitas Carnegie Mellon. Dengan menggunakan laser kecil untuk mencetak ikon di kulit. Ikon itu sensitif akan sentuhan sehingga dapat menjadi input. Ikon-ikon itu juga dapat dibuat dalam berbagai bentu.

Contohnya apabila ada SMS yang belum dibaca maka ikon itu memberikan notifikasi dengan berkedip-kedip. Menekan ikon aplikasi akan menjalankan aplikasi tersebut. Keuntungan terbesar dari skin button adalah rendahnya konsumsi daya, murahnya harga proyektor yang kurang dari 2$ dan akurasi ikon sentuhan yang tinggi. Mereka juga mengatakan skin button masih dapat dikembangkan terutama pada bagian ikonnya yang saat ini masih memakai ikon tetap.

Dengan adanya teknologi skin button maka perkembangan telepon genggam akan semakin luas, khusunya pada bidang user interface. Karena dengan teknologi ini maka pengembang telepon genggam dapat mempertahankan ukuran telepon genggam. Jadi bisa saja display telepon genggam akan kembali mengecil dan digantikan dengan skin button yang dapat berubah-ubah sesuai dengan aplikasi yang dijalankan.

Sumber video

Referensi

http://www.fastcodesign.com/3036985/this-smartwatch-projects-laser-buttons-onto-your-skin

http://techcrunch.com/2014/10/20/skin-buttons-are-working-buttons-projected-onto-the-skin/

https://mazipanneh.wordpress.com/2012/01/04/sejarah-dan-perkembangan-handphone-dari-masa-ke-masa/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s