Beranda » Tugas » IMK » Metro Future Store

Metro Future Store

Penulis akan menuliskan pendapat penulis terhadap video Metro Future Stores. Metro Future Stores sangat mengandalkan teknologi RFID pada ide-ide mereka, jadi sebelum penulis menulikan pendapatnya ada baiknya penulis memberitahukan apa itu RFID secara singkat.

RFID

RFID atau Radio Frequency Identification, adalah suatu metode yang mana bisa digunakan untuk menyimpan atau menerima data secara jarak jauh dengan menggunakan suatu piranti yang bernama RFID tag atau transponder. Suatu RFID tag adalah sebuah benda kecil, misalnya berupa stiker adesif, dan dapat ditempelkan pada suatu barang atau produk. RFID tag berisi antena yang memungkinkan mereka untuk menerima dan merespon terhadap suatu query yang dipancarkan oleh suatu RFID transceiver.

Pendapat Penulis

Metro Future Store telah menjadi sorotan yang cukup menghebohkan 10 tahun silam. Penggunaan teknologi RFID pada setiap produk dan sistem yang seakan-akan terus menerus mengawasi tindak tanduk pembeli. Penulis merasa Metro Future Store berdasarkan videonya lebih mengutamakan kepentingan pemilik toko, walaupun pada videonya lebih terlihat mempermudah pihak pembeli. Berkaca dari keseluruhan video lebih mengarah pada otomatisasi upaya toko dalam menjual produk, menjaga keamanan produknya, memperoleh data untuk memudahkan pemasaran.

Namun tetap saja ide-ide yang terdapat pada video itu tidaklah buruk, berikut ini list ide-ide yang penulis anggap berguna :

  1. Smart Trolley + Future Check-out

Kombinasi ini dapat membuat antrian hampir tidak ada lagi, karena smart trolley sudah mengidentifikasi produk yang ingin pembeli beli sehingga tidak perlu dilakukan pengecekan barang pada kasir. Dikombinasikan dengan Future Check-out yang secara langsung mendapatkan list produk dari trolley pembeli saat melewati sensornya.

  1. Check of order and delivery + Merchandise management system

Bagus karena dapat menghemat waktu untuk memeriksa barang pesanan dengan barang yg dikirim. Dikombinasikan dengan MMS yang dapat diakses oleh Manufaturer, Distributor dan Data Warehouse dapat digunakan agar ketiga pihak tersebut langsung mengetahui saat produk itu tiba di warehouse, serta keseluruhan informasi produknya.

  1. Smart Shelf

Pihak toko dapat langsung mengetahui produk apa yang tinggal sedikit pada tempat penjualannya serta mengetahui produk yang mungkin salah taruh oleh pembeli.

Pada video ini penulis juga mendapati beberapa ide-ide yang sepertinya sama atau tidak penulis pahami. Antara lain :

  1. PSA

Pada video entah mengapa list pembelian terakhir pembeli secara sekilas ditampilkan. Penulis menganggap hal ini tidak perlu.

  1. Electronic Self Labeling

Penulis tidak tahu kapan ESL ini akan aktif dan mengubah harganya. Apakah saat ada pembeli atau setiap saat akan terus berubah-ubah layaknya garis berjalan.

  1. Information terminal + Everywhere Display

Pada video hanya terdapat 1 pembeli sehingga terlihat memudahka pembeli. Apabila terdapat banyak pembeli pada satu waktu sepertinya hanya akan menimbulkan antrian. Lalu pada ED yang menampilkan produk terletak di bagian mana pada tempat penjualan, apakah akan menampilkan beberapa ED apabila saat pembeli pertama sedang menuju ke ED pertama dan pembeli kedua sudah memilih produknya di IT?

  1. Smart Shelf VS Store Management

Entah mengapa contoh SM sama dengan tujuan dari SS. Pada SM dilakukan pemeriksaan produk yang tidak terjual selama jangka waktu tertentu. Ternyata stok produk itu habis dan pegawai segera memperbaharui stok produk. Ada apa dengan SS?

Sumber video

Referensi

http://terminaltechno.blog.uns.ac.id/2011/03/13/rfid-radio-frequency-identification/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s