Beranda » Tugas » IBD » Manusia dan Keindahan

Manusia dan Keindahan

Manusia

Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens, sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.

 

Keindahan

Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

 

Menurut luasnya pengertian keindahan dibedakan menjadi 3, yaitu :

1. Keindahan dalam arti luas, menurut Aristoteles keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan

2. Keindahan dalam arti estetik murni, yaitu pengalaman estetik seseorang dalam hubungan dengan segala sesuatu yang diserapnya.

3. Keindahan dalam arti terbatas, yaitu yang menyangkut benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan yakni berupa keindahan bentuk dan warna

 

Ada 2 nilai yang penting dalam Keindahan :

1. Nilai ekstrinsik yakni nilai yang sifatnya sebagai alat atau membantu untuk sesuatu hal. Contohnya tarian yang disebut halus dan kasar.

2. Nilai intrinsik yakni sifat baik yang terkandung di dalam atau apa yang merupakan tujuan dari sifat baik tersebut. Contohnya pesan yang akan disampaikan dalam suatu tarian.

 

Teori estetika keindahan menurut Jean M. Filo dalam bukunya “Current Concepts of Art” dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :

1. Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan itu bersifat subjektif adanya, yakni karena manusianya menciptakan penilaian indah dan kurang indah dalam pikirannya sendiri.

2. Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan bersifat objektif adanya, yakni karena keindahan itu merupakan nilai yang intrinsik ada pada suatu objek.

3. Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan itu merupakan pertemuan antara yang subjektif dan yang objektif, artinya kualitas keindahan itu baru ada apabila terjadi pertemuan antara subjek manusia dan objek substansi.

Ada tiga hal yang nyata ketika seseorang menyatakan bahwa sesuatu itu indah, apabila ada keutuhan (Integrity) ada keselarasan (Harmony) serta kejelasan (Clearity) pada objek tersebut. Ini biasanya disebut sebagai hukum keindahan

 

Pengalaman “keindahan” sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau “keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.””[1]

 

Hubungan Manusia dan Keindahan

Manusia dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga kita perlu melestarikan bentuk dari keindahan yang telah dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, seni suara maupun seni pertunjukan) yang nantinya dapat menjadi bagian dari suatu kebudayaan yang dapat dibanggakan dan mudah-mudahan terlepas dari unsur politik. Kawasan keindahan bagi manusia sangat luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai pula dengan perkembangan peradaban teknologi, sosial, dan budaya. Karena itu keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahan merupakan bagian hidup manusia. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dimanapun kapan pun dan siapa saja dapat menikmati keindahan.

Keindahan tersebut pada dasarnya adalah almiah. Alam itu ciptaan Tuhan. Alamiah itu adalah wajar tidak berlebihan dan tidak kurang. Konsep keindahan itu sendiri sangatlah abstrak ia identik dengan kebenaran. Batas keindahan akan behenti pada pada sesuatu yang indah dan bukan pada keindahan itu sendiri. Keindahan mempunyai daya tarik yang  selalu bertambah,  sedangkan yang tidak ada unsur keindahannya tidak mempunyai daya tarik. Orang yang mempunyai konsep keindahan adalah orang yang mampu berimajinasi, rajin dan kreatif dalam menghubungkan benda satu dengan yang lainya. Dengan kata lain imajinasi merupakan proses menghubungkan suatu benda dengan benda lain sebagai objek imajinasi.

Jadi keindahan mempunyai dimensi interaksi yang sangat luas baik hubungan manusia dengan benda, manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan, dan bagi orang itu sendiri yang melakukan interaksi.

Pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, mengenai kemerosotan moral, mengenai perubahan nilai-nilai dalam masyarakat, mengenai keagungan Tuhan, dan banyak lagi lainnya. Tujuannya tentu saja dilihat dari segi nilai kehidupan manusia, martabat manusia, kegunaan bagi manusia secara kodrati.

 

Opini Kelompok

— Menurut Arvyn Dila Wijaya

Keindahan adalah objek apapun yang membuat kita tertarik tanpa disadari oleh kita sendiri, selama kita tertarik pada objek tersebut maka objek tersebut merupakan keindahan. Keindahan bersifat relatif karena setiap orang mempunyai selera dan perspektif yang berbeda. Keindahan bersifat unik karena tak ada objek yang benar-benar sama di dunia ini.

 

— Menurut Imanuel Batu Nanggar

MANUSIA adalah makhluk hidup yang mempunyai pikiran dan hati dan MANUSIA juga mempunyai 5 panca indera, yaitu: Mata, Telinga, Hidung, Kulit dan Lidah. KEINDAHAN dalam arti luas adalah sesuatu yang elok, enak dipandang.Namun menurut saya, KEINDAHAN adalah sesuatu benda  abstrak karena terdapat imbuhan ke – an. Dan menurut saya juga KEINDAHAN adalah sesuatu yang menyenangkan hati karena tidak ada sesuatu yang buruk didalamnya yang sebelumnya terpikirkan oleh pikiran kita. Jadi tidak hanya manusia yang bisa melihat saja yang merasakan KEINDAHAN itu, karena KEINDAHAN itu bisa diciptakan/diolah oleh pikiran kita yang sebelumnya yang DIRASAKAN, DILIHATAN, DIKECAP, DIDENGAR, DICIUM melalui 5 panca indera kita dan hati kita akan merespon itu.

 

— Menurut Wahyu Diyono

Keindahan adalah suatu bentuk yang bagus atau cantik yg bersifat relatif antar
individu yang wujudnya itu nyata misalnya pemandangan,Lukisan,Sifat atau sikap, Musik, Tarian. Sebenarnya jika mengartikan keindahan tidak pernah selesai untuk diperdebatkan menurut Erns CasirrerMenu

 

— Menurut Oktavianus Sihite

Keindahan itu merupakan penilaian kita terhadap sesuatu baik kepada makhluk hidup ataupun tidak. Dalam konteks ini sesuatu itu dapat dikatakan indah karena memiliki nilai etis yang dapat kita beri dari beberapa sudut pandang tertentu. Misalnya, keindahan jasmana dan rohani. Keindahan disini tidak selamanya dapat kita lihat oleh mata telanjang, namun kita dapat melihat dari keindahan hati seseorang.

 

Menurut Reza Ardianta

Keindahan adalah suatu nilai pencitraan yang bersifat estetik, dan dapat membuat kita tertarik. Apabila kita merasa senang melihat sesuatu, berarti apa yang kmita lihat itu mengandung nilai keindahan. Keindahan dapat menyegarkan mata yang melihat, karena keindahan dapat membuat hati nyaman dan senang. Keindahan berbeda-beda tergantung orang yang melihat keindahan itu, dan tingkat atau level keindahan juga tergantung yang melihat dan menilai keindahan itu.

 

 

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia

http://id.wikipedia.org/wiki/Keindahan

http://yourdreamisyourworld.blogspot.com/2011/03/manusia-dan-keindahan.html

http://oebudhi.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-keindahan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s