Beranda » Tugas » SOFTWARE DAN BRAINWARE

SOFTWARE DAN BRAINWARE

SOFTWARE – PERANGKAT LUNAK
I. PENDAHULUAN
A. Pengertian Perangkat Lunak
Software disebut juga dengan perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya.
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
B. Jenis-Jenis Perangkat Lunak
Software secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 bagian. Berikut pembahasan jenis-jenis software:
1. Sistem Operasi (operating system)
Sistem Operasi merupakan komponen software yang sangat penting yang akan dibaca pertama kali oleh komputer ketika anda menghidupkan komputer. Sistem Operasi merupakan pengendali utama yang akan mengendalikan pelaksanaan program komputer dan mengolah segala sumber daya yang ada. Ada 2 jenis Sistem Operasi yaitu Sistem Operasi yang berbasis CLI (Command Line Interface) dan yang berbasis GUI (Graphic User Interface).
Pada OS yang berbasis CLI kita mengetikkan kode-kode perintah untuk melaksanakan pekerjaan. Contoh konkret dari Sistem Operasi ini adalah DOS. Dalam perkembangan, Sistem Operasi berbasis CLI tersisih oleh GUI Operating System. Di dalam Sistem Operasi GUI kita hanya tinggal memilih program dan perintah yang kita inginkan dengan mengeklik mouse saja. Hal ini sangatlah memudahkan pengguna karena lebih userfriendly. Tampilan yang ditawarkan pun lebih enak dipandang mata.

Dalam Sistem Operasi jenis ini, mulai dikenal istilah click, drag, dan drop. Begitu banyak contoh GUI Operating System, contohnya : Windows XP , Windows 7, Ubuntu berbasis GUI, dan lain-lain. System operasi juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke hardware. Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer.
2. Program Bantu atau Proram Tambahan (Utility Program)
Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. Secara terperinci, program bantu dapat diartikan sebagai rangkaian standar routine yang membantu dalam operasi sistem kopmputer dengan melakukan beberapa proses yang sering diminta, seperti pembuatan salinan, pemilahan, atau penyatuan. Program bantu akan mengisi kekurangan Sistem Operasi. Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh program bantu antara lain : merapair file yang sudah terhapus, mengecek kondisi hardware, merepair kerusakan hardware (misalnya merepair bad sector pada harddisk), dan lain-lain. Contoh program utility adalah Hiren, Tune Up Utilities, Lantastic, dan lain-lain.

3. Bahasa Komputer (Computer Language)
Merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program computer dan berguna untuk menghasilkan program aplikasi. Ada 2 macam bahasa komputer yatiu Low Level Language dan High Level Language.
a) Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena berbeda jauh dengan bahasa manusia sehari-hari sehingga sulit dipahami . Contohnya adalah Assembly.
b) High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan bahasa tingkat tinggi karena mudah dimengerti. Jenis bahasa ini menggunakan perintah serta kalimat makro yang menyamai bahasa manusia atau notasi matematika untuk menjelaskan masalah yang harus dipecahkan atau prosedur yang yang harus digunakan. Contohnya adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, Visual Foxpro, dll.
4. Program Aplikasi
Software ini dibuat untuk tujuan tertentu atau spesifik. Tujuan penciptaan software jenis ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam 1 bidang tertentu. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia. Software aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya, antara lain :
• Pengolah kata
Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya.
Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb.
• Pengolah angka
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus, dsb.
• Pengolah presentasi
Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi.
Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, dsb.
• Pengolah gambar
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto.
Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop, dsb.
• Pengolah data
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah suatu data baik dalam jumlah besar maupun sedikit dan menghasilkan informasi berupa Data base
Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Access, SPSS, Fox pro, My sql, dsb.
• Browser Internet
Aplikasi ini digunakan untuk browsing di dunia maya.
Contoh aplikasi ini antara lain; IE, Firefox, Opera, Safari, Google Chrome, dsb.
• Program Statistik
Program jenis ini digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contohnya adalah Statistica, SAS, dsb.
• Anti Virus
Merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan membasmi virus komputer. Contohnya sangatlah banyak seperti Avira, Kasper Sky, Smadav, dan lain-lain.
• Program Paket
Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidang pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh: Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka (Microsoft Excel), Untuk Program Presentasi (Microsoft Power Point), untuk program pengolah database (Microsoft Acces),dll.

C. Perangkat Lunak Berbayar dan Bebas

Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan kembali menjadi beberapa macam, yaitu :
 Commercial software
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem Microsoft Windows, Microsoft Office, AdobePhotoshop,dll.
 Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu. Freeware sering digunakan dalam program promosi sebagai software tambahan pada penjualan software berpemilik dan juga untuk meningkatkan penjualan.
 Shareware
Shareware ialah perangkat lunak yang mengijinkan orang-orang untuk meredistribusikan salinannya, tetapi bila pengguna terus menggunakannya diminta untuk membayar biaya lisensi. Biasanya penggunaan shareware pada awalnya free, namun dibatasi waktu penggunaannya, atau konsepnya freeware namun item-item atau fungsinya terbatas. Apabila ingin berfungsi penuh, perlu membayar terlebih dahulu. Game-game tertentu di internet banyak menggunakan software jenis ini.
 Public domain software
Perangkat lunak public domain ialah perangkat lunak yang tanpa hak cipta. Ada yang menggunakan istilah public domain secara bebas yang berarti cuma-cuma atau gratis. Namun public domain merupakan istilah hukum yang artinya tidak memiliki hak cipta. Dengan kata lain software jenis ini tidak terikat secara hukum yang terkait dengan hak cipta, jadi setiap pihak berhak untuk melakukan apapun terhadap software ini, alias tidak bertuan. Meskipun tidak bertuan, bukan berarti jenis software ini aman. Ada kalanya jenis software yang beredar adalah malware, atau software yang sangat diragukan keamanannya.
Brainware – Perangkat Otak

Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.
Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware. Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan.
Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.

 Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam beberapa bagian, yaitu :
1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
Teknisi memiliki beberapa spesialisasi tergantung dari bidang yang di dalami yaitu:
Network Engineer, adalah orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang neworking. Dia bertanggungjawab untuk mengembangkan metode-metode baru dalam menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.
Hardware Engineer, adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware, sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.
Software Engineer, adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software (aplikasi, driver, maupun sistem operasi).
3. Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
4. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.
5. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komandan di suatu project tertentu. Sering disebut juga Mandor di proyek pembangunan.

6. Programmer adalah seseorang yang bertugas membuat aplikasi komputer yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
7. Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal-hal berbau desain grafis serta membuat suatu objek animasi.

8. Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
9. Database Administrator, adalah orang yang mengelola sebuah sistem database di dalam suatu sistem tertentu.

10. Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.

11. System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang sistem analis harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang sistem analis untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang sistem analis untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang sistem analis harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang sistem analis untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistem lainnya.

12. System Administrator, adalah orang yang bertugas untuk mengelola sebuah sistem komputer yang dirancang oleh System Analist dan dibuat oleh Programmer

13. Database Engineer, adalah orang yang merancang sebuah sistem database, sehingga sistem ini dapat mengakomodir kebutuhan pengelolaan data, baik saat ini maupun saat akan datang.

14. System Integrator, adalah orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang oleh System Analyst dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun di kemudian hari.

15. Network Designer, adalah orang yang merancang sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkan sebuah jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya.

16. System Auditor, dan orang yang bertugas mengaudit sebuah sisem komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi, sehingga hasil audit tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang ada menjadi lebih sempurna lagi.

17. User, pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s