Beranda » GJ » Sekilas Air Putih 3

Sekilas Air Putih 3

Manfaat Luar Biasa Dari Meminum Air Putih

Masih banyak orang yang mengabaikan manfaat minum air putih. Padahal, manfaatnya tiada terkira. Dari mencegah merasa kehausan, mendoromg meatbolisme, membuat merasa kenyang lebih lama (sehingga mencegah makan yang terlalu banyak), membuat kulit lebih halus karena ketersediaan cairan di dalam tubuh, hingga mencegah hilamh konsentrasi.

Diluar itu, masih banyak manfaat minum air putih yang ternyata tidak kita ketahui. Yang pasti manfaatnya akan langsung terasa dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mengetahuinya, pasti Anda tidak akan menunda-nunda lagi mengkonsumsi air putih setiap saat.

1. Melindungi Jantung

Orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung turun 41% dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari.

Selain itu, kebiasaan minim air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga akan mengurangi resiko kanker. Tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi resiko kanker usus hingga 50%, dan kemungkinan juga mengurangi resiko kanker payudara.

2. Mencegah Sakit Kepala

Siapa yang tahan jika migrain mulai menyerang? Namun sebelum mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri, coba atasi dengan minum air putih. Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitasnya rasa sakitnya.

3. Meningkatkan Ketajaman Otak

Menurut penelitian, tingkat dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan sudah bisa mengurangi fungsi-fungsi berfikir. Otak memang banyak membutuhkan oksigen  agar dapat berfungsi pada tingkat optimal. Dengan minum banyak air putih, bisa memastikan bahwa otak telah terpenihi kebutuhannya. Malahan minum 8-10 cangkir air putih  setiap hari bisa memperbaiki tingkat performa kognitif sebanyak 30%.

4. Membuat Tetap Waspada

Dehidrasi adalah penyebab utama rasa lelah yang terjadi sepanjang hari. Jika rasa letih yang yang dirasakan seperti dorongan untuk tidur siang, coba minum segelas air. Minum cukup air putih akan membuat bekerja lebih baik, paling tidak bisa mencegah merasa sulit berkonsentrasi.

Tingkat dehidrasi dua persen bisa memicu masalah memori jangka pendek. Juga akan mengalami kesulitan berfokus pada apa yang sedang dibaca.

*tambahkan perasan lemon ke dalam air putih supaya rasanya lebih segar .

Semoga Bermanfaat🙂

http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2013/01/02/manfaat-luar-biasa-dari-meminum-air-putih-515836.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s