Home » GJ » Contoh Pidato Mengenai Ekstrakurikuler

Contoh Pidato Mengenai Ekstrakurikuler

BERPRESTASI DENGAN MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Yang terhormat Bapak/Ibu selaku guru penguji ujian praktek bahasa Indonesia, dan teman–teman yang berbahagia, pertama-tama marilah kita mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita semua di berikan kesehatan jasmani dan rohani, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini.

Pak guru dan rekan–rekan yang saya cintai pada pagi hari ini saya akan membawakan pidato tentang breprestasi dengan mengikuti ekstrakurikuler di sekolah. Terlebih dahulu saya jelaskan apa itu ekstrakurikuler, ekstrakulikuler atau yang sering disebut ekskul adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat anak melalui kegiatan secara khusus yang diselenggarakan oleh institusi sekolah para pendidik dan atau tenaga kependidikan.

Dengan adanya ekskul secara tidak langsung bisa membawa nama baik sekolah apabila dalam kegiatan – kegiatan tersebut membuahkan hasil yang optimal. Hasil yang optimal dari ekskul tentu tidak terlepas dari peran penting kepala sekolah dan kesiswaan serta juga dukungan pendanaan yang ada. Potensi siswa juga dapat dilihat dari keikutsertaan siswa dalam ekskul. Karena di ekskul inlah perkembangan dan peningkatan kegiatan ekstra bisa dilakukan.

Berikut merupakan beberapa alasan betapa pentingnya mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolah:

- Kegiatan ekstra kurikuler dapat mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa sekolah tersebut. Contohnya, jika siswa memiliki bakat musik dapat bergabung dalam kegiatan musik sekolah seperti marching band, atau band sekolah. Sebab tujuan pertama dari kegiatan ini adalah memberi tempat dan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa. Sehingga bakat dan minat siswa dapat ditampung, dikembangkan dan dikoordinasi dengan tepat.

 

- Kegiatan sekolah ekstra kurikuler juga dapat memperluas pergaulan remaja. Misalnya siswa menekuni kegiatan ekstra basket, ketika terdapat pertandingan dengan sekolah lain. Maka hal tersebut merupakan peluang siswa untuk mendapatkan teman baru.

- Kegiatan sekolah ini, efektif dalam usaha pencegahan kenakalan remaja. sebab remaja tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal-hal yang kurang bermanfaat. Selain itu siswa juga memiliki lingkungan pergaulan yang sehat dan mendapat pengawasan serta pembimbingan yang baik.

Saya juga menghimbau agar rekan-rekan seperjuangan saya agar setidaknya mengikuti satu eskul, tak hanya dapat membuat kita mengembangkan diri, eskul juga dapat membuat kita berprestasi. Ikutilah bisikan hati saudara sendiri dalam mengikuti eskul karena hanya kita sendiri yang dapat mengetahui diri kita sendiri.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon maaf. Atas perhatian Bapak/Ibu, serta teman-teman saya ucapkan terima kasih.

 

Ini sebenernya tugas pas SMP tapi klo ada yang butuh buat referensi di persilahkan.

About these ads
This entry was posted in GJ and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s